Resep Mudah Membuat Cilok

iklan

Resep Mudah Membuat Cilok

Resep Mudah Membuat Cilok


Halo sobat blogger pecinta kuliner, jumpa lagi dengan saya, dalam resep masakan yaa...


Namun kali ini saya akan mengetengahkan resep cilok, cilok yang tentunya sudah sangat akrab dengan kita semua. Karena cilok memang sudah memasyarakat sekali, selain harganya murah, juga lezat rasanya.



Apalagi cilok juga sudah banyak sekali dijumpai di daerah-daerah kita, setiap hari semakin banyak juga orang yang membuka usaha dengan berdagang cilok. Sebab cilok sangat sederhana sekali dalam pembuatnya, dan tentunya bahan-bahannya juga sangat simpel sekali.


Baca juga: resep-kepala-manyung-lombok-ijo.



Resep Mudah Membuat Cilok



Selain bisa buat usaha, dengan membuat cilok sendiri, tentu akan lebih higienis, apalagi buat anak-anak, tentunya mereka juga sangat menggemari jajanan yang satu ini. Maka dari itu, mari kita coba untuk membuatnya sendiri, kan lumayan bisa untuk kegiatan di waktu yang senggang.



Sebelum kita mulai, tentunya kita siapkan terlebih dahulu apa saja bahannya.


- 1/4 tepung sagu atau tepung aci

- 1/2 gelas blimbing tepung terigu

- 1 sendok teh garam penuh

- 1/2 sendok teh merica halus

- 1/2 bungkus masako ukuran kecil

- 1/2gelas air panas

- 2-3 sendok makan minyak sayur



Cara membuatnya:



Kita masukan semua bahan yang sudah kita siapkan ke dalam wadah yg agak besar, kecuali air panas dan minyak sayur.




Resep Mudah Membuat Cilok



Aduk-aduk adonan tersebut sampai bumbu tercampur rata, sambil kita masukan air panas sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk-aduk.


Jangan lupa tambahkan 2-3 sendok makan minyak sayur, agar adonan tidak lengket atau kalis saat dibentuk bola-bola kecil menyerupai bakso, usahakan adonan tidak terlalu lembek, agar mudah saat kita bentuk.


Kemudian, kalau sudah agak hangat, kita uleni dengan menggunakan tangan sampai kalis, lalu dibentuk bulatan-bulatan seperti bakso dengan ukuran kecil saja.


Langka selanjutnya adalah, rebus cilok sampai mengapung dan berwarna agak bening, kurang lebih 20 sampai 25 menitan, kalau tidak kita bisa cek, jika sudah kenyal, maka cilok sudah bisa kita angkat.


Untuk penyajian, kita bisa membuat sambal kacang, kalau tidak ingin ribet, kita bisa menggunakan saos pedas sebagai teman makan ciloknya.





31 /01/2019

No comments:

Post a Comment

Tamu Prosa Blog Dbanik

Judul : Masih Sanggupkah Kau Bertahan? Karya : Dian Ahmad  Tatap mata yang kian meredup, menampakan duka yang sepertinya menoreh telalu dala...