Kue Tradisional Alu-Alu

iklan

Kue Tradisional Alu-Alu

 Kue Tradisional Alu-Alu

Kue Tradisional Alu-Alu.

Hei sobat semuanya! Kabar baik tentunya kalian kan?

Saya juga alhamdulillah dalam keadaan sehat walafiat.

Kita kenalan yuk sama kue tradisional si alu - alu, jajanan yang sudah ada sejak saya masih kecil, sampai saat ini! Mantap kan? Betapa hebatnya jajanan tradisional alu-alu tersebut ya. Sudah bisa bertahan hingga tahun berganti tahun, dari generasi ke generasi, mantap kan sobat semua!

Kue tradisional alu- alu adalah jajanan yang terbuat dari beras ketan, dan dimasak seperti membuat lontong, ada rasa sedikit asin yang dihasilkan dari garam yang membuat rasa alu - alu menjadi gurih. Lalu disajikan bersamaan dengan parutan kelapa muda, sehingga rasa dari alu - alu tersebut menjadi semakin mantap.

Kue tradisional alu-alu banyak didapatkan di pasar tradisional ya sobat, atau kadang juga banyak dijual di lapak - lapak penjual kue tradisional, biasanya bersamaan dengan jajanan basah lainnya yang juga sama - sama enak tentunya. Dan paling sering di jual di pagi hari.Kue tradisional alu - alu tidak tahan lama, sebab tidak mengandung pengawet, jadi jika kalian membelinya alangkah baiknya jangan menunggu nanti untuk menyantapnya, sebab adanya parutan kelapa yang mudah membuat alu - alu tersebut cepat basi.



Kue Tradisional Alu-Alu


Di Tegal di tempat saya tinggal, ada yang unik dengan alu - alu tersebut, yaitu dengan mencampurnya dengan kacang hijau, dan penjual bubur kacang hijau alu-alu itu pun hanya satu - satunya di kota saya waktu itu, penjual biasanya mangkal di pinggir jalan raya, biasanya mulai menggelar dagangannya pada jam 5 pagi, namun lapaknya selalu ramai pengunjung. Kalau saya biasanya membeli pas hari minggu pagi, selepas olah raga pagi dan pulangnya sengaja mampir untuk menyantapnya.

Alu - alu memang jajanan yang terlihat begitu sederhana, namun kesederhanaan itulah yang membuatnya tetap bertahan hingga saat ini, meskipun sudah semakin banyak jajanan modern dan berkelas, namun alu - alu tetap melenggang mulus di sela - sela perkembangan zaman.



04/11/2018

No comments:

Post a Comment

Tamu Prosa Blog Dbanik

Judul : Masih Sanggupkah Kau Bertahan? Karya : Dian Ahmad  Tatap mata yang kian meredup, menampakan duka yang sepertinya menoreh telalu dala...